Blog Merdeka: Bagian-Bagian Gitar Listrik dan Fungsinya

Bagian-Bagian Gitar Listrik dan Fungsinya

Semua musisi tentu hafal yang namanya gitar listrik tapI belum tentu semua mengerti bagian-bagian dan fungsinya, terutama bagi gitaris pemula yang baru belajar bermain gitar, untuk menambah pengetahuan maka kali ini Saya akan posting mengenai bagian bagian gitar beserta fungsinya, pada kesempatan kali ini yang akan Saya jadikan contoh adalah Gitar Fender yang legendaris itu. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasannya di bawah ini:
  1. Headstock adalah bagian yang terletak pada bagian paling  atas gitar yang dimulai dengan nut sampai ujung gitar, pada bagian ini terletak Tuning page  dan merek gitar beserta nomor serinya, bentuk Headstock pada gitar ada bermacam-macam, pada gitar fender ini bentuk headstocknya adalah StratoCaster.
  2. Tuning page, Adalah bagian gitar yang berfungsi menyetem senar gitar, terletak pada bagian atas(Head stok), jumlah Tuning page sesuai dengan jumlah senar yang dipakai, Pada gitar di atas memakai enam senar maka jumlah tuningpagenya adalah enam buah.
  3. Nut, adalah fret yang terletak paling ujung yang terletak pada head stok, nut inilah yang berfungsi mengganjal seluruh senar sebelum dililitkan pada Tuning page.
  4. Fret, adalah bagian yang berfungsi membedakan nada-nada pada senar yang dipetik dengan menekannya menggunakan jari atau pick, jumlah fret pada gitar bermacam-macam tergantung pada kegunaannya, ada beberapa jumlah fret yang umum ada pada gitar diantaranya yaitu: 22, 23, 24.
  5. Neck, adalah bagian yang terletak dari ujung nut sampai body, terbuat dari kayu, pada neck terletak bagian gitar yang lain yaitu: fret dan titik nada. Pada bagian inilah seluruh senar membentang dari bridge sampai nut.
  6. Pickups, Adalah bagian yang berfungsi menerima getaran suara dari senar yang dipetik lalu dirubah menjadi getaran listrik, jumlahnya pada sebuah gitar bermacam, dari mulai yang hanya memasang satu buah sampai ada yang amemasangnya tiga buah. jenis yang umum dari Pickups ini ada dua macam yaitu yang sigle coil dan yang double coil/ hambucker.
  7. Tremolo atau banyak gitaris yang menyebutnya dengan nama Handle gitar adalah alat yang berfungsi untuk menaikkan nada atau menurunkan nada tanpa merubah letak jari pada fret dengan cara menekan atau menariknya.
  8. Volume dan tone control, berfungsi merubah suara gitar sesuai dengan keinginan kita, volume berfungsi memperbesar atau memperkecil suara gitar, tone berfungsi merubah suara menjadi low atau bass.
  9. Pickup switch, adalah bagian yang berfungsi memilih pickup yang digunakan, variasinya adalah memilih salah satu atau penggabungan beberapa pickup.
  10. Bridge, berfungsi untuk mengaitkan ujung senar yang memiliki cincin agar senar tersebut dapat dipasang di atas fret. Cara memasang senar adalah dengan memasukkan ujung senar dari arah belakang gitar kemudian ditarik ke depan lalu di lilitkan pada tuning page.
  11. Body, Adalah bagian badan gitar yang paling besar, berfungsi memasang bagian lain seperti pickup, tremolo, switch, volume, tone, bridge. Selain itu body juga berfungsi untuk membentuk karakter suara gitar. Jadi selain pickup ternyata body juga berpengaruh terhadap kualitas suara yang dihasilkan oleh sebuah gitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Blog Merdeka Urang-kurai