Blog Merdeka: 10 Merek Laptop Terbaik Dan Berkualitas Tahun Ini

10 Merek Laptop Terbaik Dan Berkualitas Tahun Ini

Ranking merek laptop terbaik dan berkualitas tahun ini masih dipimpin oleh Apple seperti tahun-tahun sebelumnya. Meski demikian di luar itu banyak pergerakan merek-merek lain baik yang naik maupun yang jatuh secara tidak terduga. Lenovo memantapkan diri sebagai penantang paling serius bagi Apple, sementara bagi Acer dan Samsung tahun 2013 lalu jelas bukan tahun terbaik mereka sehingga keduanya harus rela berada di posisi terbawah bersama Dell.

Pemberian peringkat merek laptop terbaik atau Top Laptop Brands memang pada satu sisi terkadang tak banyak berpengaruh bagi mereka yang sudah setia pada merek tertentu, namun di lain sisi pemeringkatan ini terbukti banyak membantu para pengguna baru. Jika Anda sudah memiliki pengalaman positif dengan merek tertentu maka tak ada salahnya bertahan dengan merek tersebut, namun jika Anda masih baru di dunia laptop maka sebaiknya luangkan sedikit waktu untuk memperhatikan merek-merek tersebut. Peringkat merek lapyop terbaik tidak dibuat asal-asalan melainkan menggunakan beberapa indikator empiris meliputi Inovasi, Desain, Layanan purna jual, Harga, Kualitas keyboard dan touchpad serta Kualitas Audio dan monitor.
Merek Laptop Terbaik

1 Merek Laptop Terbaik – Apple

Sama seperti beberapa tahun belakangan meski inovasi yang dilakukan tak sebanyak tahun-tahun lalu namun Apple masih mampu menempatkan dirinya di posisi puncak tahun ini. Ekosistem antara hardware dan software merupakan kunci utama kesuksesan laptop Apple berada di posisi puncak di samping keunggulan dalam hal desain. Meski demikian posisi Apple tak se superior tahun-tahun sebelumnya. Lenovo mampu mendekatkan raihan poin dengan Apple, bahkan untuk layanan purna jual pabrikan asal China itu sudah mampu mengungguli poin Apple.

2 Merek Laptop Terbaik – Lenovo

Kesuksesan Lenovo mempersempit jarak dengan Apple mungkin mengejutkan bagi sebagian orang, namun bagi mereka yang benar-benar memahami sepak terjang pabrikan laptop asal China ini prestasi yang diraih Lenovo tidak dianggap sebagai sesuatu yang mengejutkan. Faktanya sejak mengambil alih divisi laptop dari IBM perusahaan ini sangat gencar dalam melakukan inovasi sambil terus berbenah dalam memperbaiki kualitas produk dan kualitas layanan. Bicara soal kualitas, hingga saat ini belum ada pabrikan lain yang mampu menyamai kualitas keyboard buatan Lenovo.

3 Merek Laptop Terbaik ASUS

Pabrikan laptop asal Taiwan ini adalah yang paling dominan menguasai berbagai segmen pasar. Baik di segmen laptop murah maupun laptop premium produk-produk Asus sukses membanjiri dan mendominasi setiap segmen. Di kelas ultrabook lini produk Asus Zenbook masih merupakan yang terbaik dari segi desain maupun kualitas, setingkat di bawah MacBook. Dalam hal inovasi Asus bahkan bisa dibilang sama agresifnya dengan Lenovo sehingga meski masih terlalu berat bagi Asus untuk menyamai prestasi Lenovo namun setidaknya sejauh ini mereka menunjukkan cukup potensi untuk menandingi rivalnya itu.

4 Merek Laptop Terbaik – Alienware

Laptop merek Dell boleh-boleh saja terlempar ke posisi bawah dalam beberapa tahun terakhir ini, namun salah satu perusahaan subsidiari nya yaitu Alienware yang mengkhususkan diri di segmen gaming laptop justru meraih prestasi yang luar biasa dengan menempatkan diri di posisi empat dalam peringkat Merek Laptop Terbaik dan Berkualitas tahun ini.

5 Merek Laptop Terbaik – Gateway

Meski kiprahnya di kategori laptop masih seumur jagung dan pangsa pasarnya pun masih terbatas dibanding rival-rivalnya namun Gateway membuktikan betapa seriusnya pabrikan tersebut ketika memutuskan untuk terjun ke pasar mobile computer ini. Kesuksesannya dalam menjungkalkan merek-merek laptop yang lebih mapan seperti Dell, Samsung dan Apple menunjukkan potensi besar mereka dalam beberapa tahun mendatang.

6 Merek Laptop Terbaik – Sony

Laptop merek Sony memang tak sepopuler Asus atau Lenovo, namun perusahaan asal Jepang ini tahun lalu cukup sukses menghadirkan beberapa laptop murah berkualitas yang menempatkan Sony di posisi ke enam tahun ini.

7 Merek Laptop Terbaik – HP

Soal inovasi memang laptop merek HP tertinggal jauh dari para kompetitornya, namun pengalaman bertahun-tahun dan keberhasilan mempertahankan citra merek menjadikan HP mampu mempertahankan konsumen setianya selama bertahun-tahun.

8 Toshiba

Sukses mengeliminir masalah klasik yang sering terjadi pada lapop merek Toshiba yang terkenal cepat panas perusahaan raksasa elektronik rumah tangga ini memiliki nasib yang lebih baik ketimbang Acer maupun Samsung. Meski minim inovasi dan hadir dengan desain yang terbilang lawas namun Toshiba masih mampu bertahan di peringkat sepuluh besar.

9 Laptop Acer

Tahun ini adalah tahun yang buruk bagi perusahaan asal Taiwan yang membanjiri pasar laptop dengan lini produk Acer Aspire. Meski terbilang agresif dalam melakukan inovasi faktanya tahun 2013 bukanlah tahun yang baik bagi Acer.

10 Laptop Samsung

Penurunan penjualan yang sudah berlangsung sejak tahun lalu membuat Samsung tak banyak melakukan inovasi tahun ini. Meski dalam beberapa ekspo perusahaan raksasa elektronik ini sempat memamerkan beberapa inovasi namun faktanya banyak dari produk purwarupa itu yang hingga hari ini masih belum jelas nasibnya. Beberapa diantaranya bahkan hampir pasti tak akan muncul dalam wujud versi produksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Blog Merdeka Urang-kurai